Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Studi Komparasi ke Jawa Timur

by Abd. Musakir Radjak - Senin, 28 Agustus 2023 2234 Views 0 Comment
IMG Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Studi Komparasi ke Jawa Timur

Jawa Timur, InfoPublik - Sekretaris dinas, seluruh kepala bidang dan beberapa kepala seksi dan fungsional serta pelaksana bidang angkutan jalan, bidang lalu lintas jalan dan bidang pelayaran dan pengembangan transportasi sukses melakukan kunjungan komparasi di bidang perhubungan Provinsi Gorontalo. Maksud dan tujuan kunjungan komparasi ini adalah sebagai tindak lanjut rencana aksi Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang telah ditandatangani sebelumnya antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur tentang kerjasama di bidang perhubungan yang telah ditandatangani pada Desember 2022.

Kunjungan ini dipimpin Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo Alan Tri Ibrahim yang mewakili Kepala Dinas. Mereka diterima Sekretaris Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur Padelan. Padelan menyambut baik dan mengapresiasi kedatangan tim Perhubungan Provinsi Gorontalo yang diharapkan dapat meningkatkan informasi termasuk menindaklanjuti rencana aksi.

Alan Tri Ibrahim menjelaskan ruang lingkup kerjasama ini antara lain fasilitasi konektivitas laut di Provinsi Gorontalo dengan Provinsi Jawa Timur untuk konektivitas antar pulau, pengembangan SDM untuk pengelolaan Area Traffic Control System (ATCS), pengelolaan angkutan perkotaan/aglomerasi, pengelolaan terminal tipe B, Kepelabuhanan dan kebandarudaraan.

“Pengembangan sistem penyelenggaraan angkutan umum perkotaan/aglomerasi dan sistem penyelenggeraan terminal tipe B, digitalisasi layanan publik bidang perhubungan dan pertukaran data dan informasi hasil studi di bidang perhubungan termasuk sistem perencanaan dan penganggaran,” kata Alan Tri Ibrahim, Senin (28/8/2023).

Alan Tri Ibrahim juga menambahkan kerjasma ini juga mengenai fasilitasi dan koordinasi terkait dengan optimalisasi layanan perhubungan udara.

Dalam kunjungan komparasi Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo bersama-sama Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur meninjau Jatim Transportasi Centre, pengelolaan dan monitoring Bandara, Stasiun, Terminal, pengelolaan ATCS, dan angkutan umum serta aplikasi perijinan andalalin, peninjauan pelabuhan paciran Lamongan dan Pelabuhan Brodong yang dikelola oleh Pemda, pelabuhan Probolinggo yang dikelola oleh BUMD terkait dengan rencana konektivitas antar pulau, serta peninjauan pengelolaan terminal tipe B Bunder Gresik dan terminal Tipe A Purabaya dan terakhir meninjau karoseri di Kota Malang.

“Di samping itu pula beberapa informasi terkait perencanaan dan penganggaran pada APBD Pemerintah Provinsi Jawa TImur didapatkan pada kunjungan ini,” ujar Alan Tri Ibrahim.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat hari, Rabu-Sabtu (23-26/8/2023) diharapkan dapat memberikan masukan dan informasi terkait pengembangan transportasi di Provinsi Gorontalo. (mcgorontaloprov/rini)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *