Kadis Perhubungan Pimpin Apel Kesiapsiagaan Posko Nataru

by Abd. Musakir Radjak - Senin, 18 Desember 2023 2243 Views 0 Comment
IMG Kadis Perhubungan Pimpin Apel Kesiapsiagaan Posko Nataru

Kota Gorontalo, Dishub Prov Gorontalo - Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo menggelar apel kesiagaan pembukaan Posko Nataru 2023-2024 di Pelabuhan Gorontalo, Senin (18/12/2023).

Apel ini dipimpin M Jamal Nganro Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo, diikuti UPT Kementerian Perhubungan, instansi dan pemangku kepentingan terkait.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya pada 8 Desember 2023 pada saat rapat kesiapan angkutan Natal tahun 2023 dan tahun baru 2024 (Nataru) di rumah jabatan Gubernur Gorontalo.

“Ada beberapa arahan yang disampaikan Penjabat Gubernur, antara lain agar setiap simpul-simpul transportasi menyiapkan Posko terpadu angkutan Natal 2023 dan tahun baru 2024 untuk memastikan layanan kepada masyarakat yang akan mudik melaksanakan Nataru,” kata M Jamal Nganro.

M Jamal Nganro mengungkapkan apel hari ini adalah pembukaan Posko Nataru angkutan laut di Pelabuhan Gorontalo. Dalam apel ini M Jamal Nganro membacakan sambutan tertulis Direktur Jendral Perhubungan laut.

“Ada beberapa pesan dan arahan yang perlu kita simak bersama dan implementasikan dalam pelaksanaan Posko Nataru mulai tanggal 18 Desember 2023 sampai dengan 8 Januari 2024,” ujar M Jamal Nganro.

Ia merinci araran ini antara lain memastikan seluruh armada kapal yang akan digunakan dalam keadaan laik, oleh karenanya menginstruksikan kepada seluruh KSOP maupun KUPP agar memastikan telah melakukan ramcheck kepada seluruh armada kapal yang akan beroperasi di wilayah kerjanya.

Meningkatkan koordinasi dan sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan termasuk operator kapal serta membentuk Posko pelayanan angkutan Nataru 2023–2024. Meningkatkan pengawasan terhadap keselamatan dan keamanan pelayaran termasuk selalu melakukan koordinasi dengan BMKG terkait dengan kondisi cuaca untuk mewaspadai terjadinya cuaca buruk. Mengoptimalkan potensi armada pada daerah masing-masing dan memastikan penumpang yang dimuat tidak melebihi kapasitas kapal dan juga memastikan peralatan keselamatan dikapal mencukupi serta tiket yang dijual tidak melampaui tarif ambang batas atas.
Selain itu juga senantiasa selalu memperbarui informasi terkini terkait dengan jadwal kedatangan maupun keberangkatan kapal dan menyebarluaskan di media social terutama bagi perusahaan pelayaran. membuat mitigasi potensi resiko dalam memperhitungkan kesiapan armada yang digunakan selama angkutan nataru bersama stakehoulder terkait. Memanfaatkan media sosial dan mempublikasikan informasi terkait penyelenggaraan angkutan Nataru 2023 – 2024.

“Diharapkan kepada seluruh petugas Posko untuk memberikan pelayanan yang baik, ramah, sopan, beretika dan transparansi kepada seluruh penumpang terlebih saat ini media social menjadi alat untuk bisa menyebarluaskan kegiatan-kegiatan yang ada,” ucap M Jamal Nganro.

Angkutan Nataru 2023-2024 diperkirakan ada 2 kali puncak arus mudik dan 2 kali puncak arus balik yaitu arus mudik 1 yaitu 22 -23 Desember 2023, arus mudik 2 yaitu 29 - 30 Desember 2023, kemudian arus balik I yaitu 26 - 27 Desember 2023 dan arus balik II yaitu 1 - 2 Januari 2024. (mcgroontaloprov/rini)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *