Satu Lagi Inovasi Dinas Perhubungan, Yang Di Akui Oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

by Abd. Musakir Radjak - Jumat, 11 Desember 2020 1149 Views 0 Comment
IMG Satu Lagi Inovasi Dinas Perhubungan, Yang Di Akui Oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN)

Provinsi Gorontalo, Dinas Perhubungan - Satu lagi inovasi Dishub Provinsi Gorontalo yang diakui oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam hal layanan perizinan angkutan umum dengan berbasis aplikasi. Layanan tersebut bernama SAHABAT (SAtu HAri Beres Angkutan Tertib).


Dengan motto DAPAT JEMPOL (muDAhkan, percePAT, JEMPut bOLa), aplikasi ini merupakan suatu perubahan pendekatan pelayanan perizinan angkutan umum menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga lebih mudah dan cepat dalam pengurusan izin dan pengawasan.


Inovasi ini mampu bersaing dengan 40 Proyek Perubahan yang merupakan Inovasi dari masing-masing peserta PKN tingkat II. Berdasarkan penilaian serta keunggulan yang ada, inovasi SAHABAT ini berada pada Peringkat II secara Nasional.


"Selain sebagai bentuk simplikasi birokrasi, yakni penyederhanaan birokrasi perizinan berusaha dengan melakukan by pass proses dan melakukan digitalisasi layanan, SAHABAT memiliki EWS (early warning system) yaitu Terdapat system pendeteksi dini sehingga meminimalisir tertolaknya dokumen pemohon" ungkap Abdul Karim Rauf, Kepala Bidang Angkutan Jalan, selaku inisiator inovasi SAHABAT.


Ia menguraikan ada dua hal penting terkait perubahan sistem yang ada dalam SAHABAT, yaitu adanya simplifikasi proses perizinan, serta adanya pengawasan izin by system. “Diharapkan dengan adanya perubahan tersebut pengurusan izin akan dapat diselesaikan dalam waktu 1 hari saja sehingga akan lebih efektif dan efisien dalam pemanfaatan sumber daya (tenaga, jarak, waktu dan biaya),” kata Karim.


Ia menambahkan Inovasi SAHABAT ini dapat mengintegrasikan proses perizinan angkutan umum antara Dinas Perhubungan Provinsi Gorontalo dengan PTSP Provinsi serta Dinas Perhubungan Kab/Kota, dan saat ini sedang dibangun integritas dengan aplikasi SIPAMOR terkait Konfirmasi Status Wajib Pajak, serta dengan data angkutan yang ada pada Jasa Raharja.


Di tengah merebaknya pandemi Covid-19 saat ini, SAHABAT hadir untuk menjadi salah satu solusi pelayanan perizinan angkutan umum yang bebas Covid-19, karena melalui digitalisasi layanan yang diberikan SAHABAT, maka pemeriksaan kelengkapan izin angkutan umum dapat dilakukan tanpa adanya kontak langsung.


Melalui digitalisasi layanan layaknya inovasi SAHABAT ini, maka diharapkan dapat mengurangi tatap muka yang berpotensi terjadinya korupsi seperti adanya pungutan liar pada pelayanan publik, khususnya layanan perizinan Angkutan Umum.


Untuk menggunakan aplikasi SAHABAT, cukup membuka layanan pada web sahabat.gorontaloprov.go.id, selanjutnya pengusaha angkutan umum membuat akun dan login pada aplikasi kemudian pilih layanan yang akan dibutuhkan, diantaranya Rekomendasi Asal-Tujuan (Dishub Kab/Kota), Rekomendasi Penertiban Izin Trayek AKDP, Rekomendasi Penertiban Izin Trayek AKDP, Rekomendasi Persetujuan Pengajuan Izin ASK, Rekomendasi Persetujuan Penertiban Izin ASK, Kartu Pengawasan Elektronik serta Kartu Elektronik Standar Pelayanan 



Pewarta : Rezha - Bidang Angkutan Jalan

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *